Sunday, January 15, 2006

JURNAL EROPA : Campur Aduk..! (Hari 1 & 2)

Sat Nov 19, 2005 8:02 pm

Hola Beeters :

Akhirnya berangkat juga gw ke Spanyol. Jumat jam 18:55, pesawat 747-400 milik KLM mulai take-off dari Cengkareng mengangkut sekitar 400an penumpang ke Amsterdam. Sebelumnya kami transit di Kuala Lumpur (btw, bandara KL yang baru canggih dan bersih banget..!).

Selama 12 jam perjalanan menuju Amsterdam gw nggak bisa tidur! Nggak tahu kenapa... yg jelas ACnya dingin banget (selain itu gw memang cuma bisa tidur di tempat tidur gw sendiri... berabe ya). Walau dikasi makan 3 kali pun tetap nggak mempan.

Jam 4 subuh pesawat tiba di Bandara Schipol, Amsterdam. Gila... dingin banget udaranya! Katanya sih minus 1 derajat (tapi bersyukur gw karena ketakutan gw selama ini tidak terbukti. Yg ada dalam bayangan gw dinginnya bakal kayak di dalam freezer ruangan tempat nyimpen stock bahan makanan di hotel-hotel).

Eropa saat ini memang sedang memasuki musim dingin walau salju belum turun.

Sempat ngobrol dengan 2 org Indo yg sama-sama menggunakan pesawat yg sama dari Jakarta dan transit di Amsterdam. Yg satu mau ngikutin meeting di Paris, yg satu lagi mau kerja di kapal pesiar di Milan.

Jam 7.20 gw ganti pesawat menuju Barcelona. Ternyata pada musim dingin seperti ini matahari di Eropa baru muncul sekitar jam 8-an. Sampai di Barcelona sekitar jam 9.20an.

Konon udara musim dingin di Barcelona tidak sedingin di Amsterdam karena letaknya lebih ke selatan. Kata pilot sih sekitar 14 - 18 derajat. Yah, seperti AC paling dingin di dalam ruangan. Walau matahari muncul dengan normalnya, udaranya tetap aja dingin. Di mana2 org2 sudah pakai sweater dan jaket. Nggak nyombong nih, gw pikir gw masih bisa tahan tanpa jaket (kali kayak Lembang pas malam deh udaranya).

Naik bus menuju pusat kota Barcelona yg terkenal itu (Catalunya Square). Kesan pertama gw ttg Barcelona, nggak terlalu beda kayak Singapore. Jalan-jalan bebas hambatan, tidak ada kemacetan, dan flat2 (org2 di sini tinggal di flat, bukan rumah berhalaman kayak di kita). Kesan gw sih agak membosankan. Nggak banyak warna kayak di Indo (nggak ada PKL, kemacetan, orang lalu lalang di jalan, dll). Gw sedikit ´´serem´´ soalnya terbiasa dengan suasana Indo yg rame dan serba ´´tidak beraturan´´. Jujur, gw udah kangen sama suasana di Indo itu.

Sampai di tempat tinggal gw untuk 2 minggu ke depan, semacam youth hostel (rekomendasi Univ Barcelona). Ada 10 tempat tidur di dalam kamar gw, dan yang bikin surprise ternyata campur cewek cowok. Sebetulnya dengan tidur dalam kamar berkasur 10 dengan orang yang belum gw kenal aja udah bikin gw nggak comfortable. Tapi yah itulah yang paling ekonomis untuk ukuran ´´siswa´´ seperti gw. Hitung2 juga pengalaman deh... :)

Gw tetap nggak bisa tidur siang ini. Makanya nulis e-mail ini. Jet lag kah? Hmmm, maybe. Yg jelas gw masih merasa asing di sini. Apa yg gw lihat pagi ini dalam bus menuju hostel nggak seperti yg ada dalam bayangan gw sebelum pergi. Gw pikir Barcelona itu kota yg banyak bangunan tuanya dan tidak terlalu besar. Ternyata cukup modern dan luas.

Hmmm... gw kok udah kangen lagi ya sama Indo, sama Bandung dan Jakarta... sama keriuhan di jalan2 kita, sama hangat (panasnya) udara kita, sama lo2, sama teman2 dekat gw, sama ´´adik asuh´´ gw, sama ortu gw (tahu nih belakangan gw lagi sayang banget sama ortu dan kakak2 gw). Eh, sori nih jadi sedikit curhat. Tahu, kok perasaan gw jadi campur aduk begini... excited tapi jaga udah kangen lagi sama Indo. Moga2 aja ini karena gw masih kecapean akibat perjalanan panjang.

Maklum, baru pertama bepergian lintas benua dengan suasana berbeda dan sendiri pula..!

Hari ini gw mau tidur dulu... memulihkan jet lag. Mungkin besok pagi sudah bisa mengeksplor kota eks tuan rumah Olimpiade 1992 ini.

Sampai jurnal berikutnya..!

1 Comments:

At 9:04 AM, Anonymous Anonymous said...

Salam kenal,
Nama sy luthfi, kebetulan sy akan ke barcelona bulan september ini utk kuliah. boleh nanya2 lbh lanjut? terima kasih.