Sunday, January 15, 2006

JURNAL EROPA : Kecupan Pertama dari Cewek Spanyol (Hari Ke-6)

Thu Nov 24, 2005 3:30 am

Beeters,

Ini adalah hari bersejarah gw selama di Spanyol (hari ke-6) because... gw mendapat kecupan pertama dari seorang cewek Spanyol... haha!

Ceritanya gw mau urus administrasi di kantor AGAUR (kantor agen pemerintah Catalonia yg memberi dana beasiswa ini) dan ketemu langsung sama contact person gw selama ini, Nuria Michelena. Orangnya masih muda sih tapi agak2 ketus... tapi setelah gw kasi souvenir postcard dari Bandung dia kelihatan senang and she gave me a goodbye kiss before I left the room. Hehe... lumayan lah.

Anyway, setelah beberapa hari di Barcelona ini, gw mulai yakin sama beberapa hal yg pernah gw sebutkan di jurnal hari2 sebelumnya :

1. Barcelona betul2 mirip Singapore. Setiap simpang selalu ada lampu merah dan, yg penting, berfungsi. Pejalan kaki juga punya hak di sini, dengan trotoarnya yg luas, bebas PKL, dan ada kalanya mobil harus mengalah kalau ada pejalan kaki menyeberang (tentu saja kalau tanda orang berjalan sedang berwarna hijau). Cuma untuk kereta bawah tanah, di sini agak longgar. Setiap orang kelihatannya boleh ngomong dengan nada keras dan cepat... (cuma makan dan minum aja yg tetap nggak boleh). Di S´pore, org2 pada diem semua.

2. Teman2 gw (semuanya 9 orang) plus tutor gw memang ramah2 and gentle banget. Teman2 gw yg cowok paling senang nawarin gw minum (bukan bir lho... yah coffee atau tea kalau lagi break di kantin kampus), sedang yg cewek paling nanya, gw betah nggak di sini atau gimana kesan2 gw di Barcelona ini. Tampaknya mereka care and berusaha buat bikin gw betah di sini. Karena gw satu2nya yg asal Asia dan nggak bisa ngomong Spanyol di antara mereka, mereka selalu ngomong Inggris kalau ada gw. Gw jadi ngerasa nggak enak, makanya gw nunjukin kalo gw juga lagi usaha belajar bhs Spanyol dengan ngucapin beberapa buah kata atau kalimat yg udah gw tahu. And it´s like magic... Ekspresi muka mereka langsung berubah senang waktu dengar gw mengucapkan kata2 dalam bhs Spanyol (mungkin betul juga nih, kalau pengen lebih cepat diterima di suatu komunitas, akan lebih mudah kalau kita bicara beberapa katah kata dalam bahasa mereka atau lebih baik lagi bicara bahasa mereka).

Oya, kegiatan hari ini kita ikut Konferensi Internasional ttg Budaya di Wilayah Euro-Mediterranean, masih melanjut yg kemarin. Ini hari terakhir, dari pagi jam 10 sampai jam 8 malam. Mereka banyak membahas apa yg selama ini jadi interest gw - bahkan gw sempat merasa, is there any chemistry between what I do in Indonesia and my study here? Bayangkan mereka membahas :
- Pentingnya menjaga dan mempromosikan keberagaman budaya (lihat deh misi BT)
- Kerjasama antar institusi dalam mendukung point di atas
- Pentingnya melibatkan generasi muda dalam proses menjaga dan mempromosikan budaya
- Pentingnya menjaga identitas budaya dari pengaruh globalisasi
- Konservasi pusaka (heritage) dan pengembangannya untuk pariwisata
dllsb. Wah, pokokny klop banget dengan apa yg kita di BT geluti selama ini, sampai gw heran kayaknya memang ada ´´chemistry´´ di antara kita... cie!

Oya, suhu udara terus menurun... hari ini mungkin sekitar 6 / 7 derajat. Gw tanya beberapa orang, ini perasaan gw doang atau memang semakin dingin? Dan mereka semua bilang memang semakin dingin. Nggak salah dong kalau kemarin gw sempat meriang. Kayaknya bodi gw lagi adaptasi kemarin. Sekarang sih dah mendingan. En gw pake syal hari ini... gaya banget ya, padahal di Indo nggak pernah :P. Konon menurut seorang teman, weekend ini suhu udara bakal lebih dingin lagi.

So, untuk mengurangi stres akibat kedinginan, gw selalu berjalan cepat. Lumayan, badan jadi sedikit hangat. That´s why org2 bule terbiasa jalan cepat, soalnya iklim bikin mereka melakukan ini.

Gw lagi di internet room di hostel gw. Masih ada cowok Cuba (kulit hitam) dan cewek Irlandia di sini. Richard, si cowok Cuba, sempat cerita ttg pengalamannya, ttg bagaimana kalau lo betul2 pengen sesuatu, maka kansnya adalah hal itu akan terjadi. (Dalam hati gw pikir nih org kok pikirannnya sama dgn gw... Masih ingat jurnal pertama gw ttg ´´kekuatan mimpi´´? Yg bikin gw bisa sampai di Bacelona ini). Yg lucu juga, banyak tempat2 di Barcelona sini yg rasa2nya pernah gw lihat dalam mimpi gw sebelum di sini. Deja Vu kah? I don´t know... Mungkin cuma kebetulan aja... a nice surprise?

Sampai besok...

Amor
Koordinator & Moderator BT

0 Comments:

Post a Comment

<< Home