Sunday, January 15, 2006

JURNAL EROPA : OK, Gw Tahu Sekarang... (Hari Ke-7)

Fri Nov 25, 2005 2:23 am

Wilujeng enjing, beeters (selamat pagi, beeters = Basa Sunda),

Sekali lagi, gw cuma mau mastiin kalo Jurnal Eropa ini sama sekali nggak ngeganggu kenyamanan teman2 semua. Soalnya, bukan karena gw koordinator dan moderator BT, lalu bisa melakukan apa pun yg sekiranya mengurangi kenyamanan milis ini. So kalau keberatan, jgn sungkan2 bilang gw, OK... It will be fine by me!

Yg jelas jurnal ini nggak punya misi edukatif plus nggak fun2 amat juga... Gw nulis apa yg terjadi hari ini dan apa yg melintas di benak saat di depan komputer... spontan, at least biar teman2 tahu apa yg gw ´temukan´selama perjalanan ini.

OK, sesuai judul, gw baru ngeh beberapa hal ttg Barcelona ini :

1. Lokasi Youth Hostel Gw
Ternyata Diagonal Avenue, lokasi hostel gw, adalah lokasi strategis di pusat kota. Sesuai namanya, jalan ini membelah kota secara diagonal dan salah satu jalan utama di Barcelona. Dari sini ke tempat2 strategis lainnya maupun fasilitas umum dan objek wisata cukup dekat, seperti Passeig de Gracia (jajaran tempat belanja terkenal), Plaça de Catalunya (alun-alunnya Barcelona), Las Ramblas, Kota Tua Barcelona (Gothic Quarter), etc.

2. Tipe Bangunan di Barcelona
Setelah gw perhatikan selama ini, umumnya bangunan di Barcelona berlantai antara 5 - 7. Fungsinya macam2, dari tempat tinggal warga, bangunan publik, sampai kantor, baik pemerintahan maupun swasta. Semacam ruko deh kalo di Indo, cuma di sini setiap bangunan kaya ornamen dan bergaya Mediterania. Biasanya lantai pertama toko, restoran, atau kantor, dan lantai2 berikutnya bisa aja tempat tinggal warga. Oleh karena itu, rumah unit di atas tanah dengan halaman nggak umum di sini.

3. Universitas Barcelona
Universitas ini ternyata usianya sudah 555 tahun..! Bayangkan, bahkan sebelum Belanda datang ke Indonesia, Spanyol (dan kota2 lain di Eropa) sudah punya universitasnya sendiri. Lokasi aslinya terletak di kota tua atau pusat kota Barcelona. Sedangkan kampus gw yg sekarang lokasinya agak di luar kota... di kaki bukit. Lebih muda dibandingkan bangunan induknya.

4. Geologi Barcelona
Batasannya laut (Selat Mediterania, yg berbatasan langsung dengan Maroko di Afrika utara) dan dibatasi oleh perbukitan di satu sisi lainnya. Katanya, udara dingin yg ada pas musim dingin seperti sekarang datang dari kutub utara. Yah, kayak udara dingin dan kering pas musim kemarau di kita, yg anginnya datang dari selatan (Australia).

5. Terkenal akan...
Barcelona pernah menjadi kota Olimpiade tahun 1992. Di sini, arsitek nyentrik Gaudi banyak meninggalkan karyanya. Konon kota paling modern di Spanyol. Juga terkenal sebagai kota pariwisata dan pusat kebudayaan Eropa (nanti gw klarifikasi lagi ttg yg terakhir ini). Di sini juga banyak imigran dari Afrika utara, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Filipina.

6. Ttg kecupan itu...
Buat yg udah baca jurnal hari ke-6 ttg kecupan pertama gw di Barcelona, kayaknya gw nggak boleh GR deh. Menurut salah satu teman gw, hal itu lumrah di sini. Sebagai ekspresi terima kasih atau senang setelah diberi hadiah, biasanya cewek Spanyol ´sun pipi kiri kanan´´ ke si pemberi hadiah. So, nggak perlu dikonotasikan apa2... Lain tempat, lain budaya, lain interpretasi.

7. Jam buka kantor
Di sini kehidupan mulai jam 9 pagi... baik yg mau sekolah atau kerja. Buat yg sekolah, biasanya selesai jam 3 tau 4 atau 5. Buat yg kerja, istirahat jam 1 atau 2 siang lalu lanjut lagi dari jam 4 atau 5 sampai jam 8 malam. So it´s normal kalau org kerja sampai jam 8 malam di sini. Tapi ya itu, istirahat siangnya lama banget (sudah termasuk siesta atau tidur siang... weleh weleh).

8. Ketinggian Matahari
Berhubung bukan negara tropis kayak Indo, matahari di sini nggak pernah setinggi di negara kita. Jam 12 siang, matahari seperti matahari jam 10an di Indo. Nggak pernah betul2 di atas kepala kita. That´s why matahari terbit jam 8 dan tenggelam jam 5an (musim dingin). Tapi musim panas, matahari bisa tenggelam jam 10 malam. Walau ada sinar matahari, berhubung udara dingin dari kutub, tetap aja menggigil.

Apalagi ya... gw coba ingat2 tapi kayaknya mentok nih.

Well, besok ada program menarik karena kita bakal mengunjungi seminar ttg pariwisata budaya (cultural tourism) dan pamerannya di luar kota. Terus Sabtu, rencananya gw bakal ikut walking tour kota tua Barcelona (Gothic District)... So jgn ke mana2! Gw bakal kembali dgn laporan yg pastinya lebih detail.

Hasta mañana! (sampai besok)
Amor
Koordinator & Moderator BT

0 Comments:

Post a Comment

<< Home