Sunday, January 15, 2006

EKSPLOR BARCELONA (I)

Sat Nov 26, 2005 11:43 pm

EKSPLOR BARCELONA (I)

Tidak terasa sudah genap 1 minggu saya berada di Kota Barcelona, Spanyol. Dan karena ini adalah akhir pekan terakhir saya berada di kota bekas tuan rumah Olimpiade 1992 lalu tersebut, saya berniat untuk lebih mengenal beberapa dari sekian banyak tempat yang menjadi objek wisata terkenal di kota ini.

Hari Sabtu ini, saya akan ajak teman-teman berkunjung ke Plaza Catalunya, La Rambla, Monumen Columbus, Pelabuhan Barcelona, dan La Sagrada Familia. Namun sebelum berkunjung ke tempat-tempat itu, saya akan mulai dengan latar belakang singkat tentang Barcelona (disarikan dari buku Photographic Guide of Barcelona, Andres Moron, tanpa tahun).

´´Barcelona sudah berusia 2000 tahun. Dibangun oleh bangsa Romawi, kota ini pernah menjadi ibukota Mediterrania (pantai Eropa selatan) selama Abad Pertengahan (abad 11-15). Saat ini Barcelona merupakan contoh utama kota dari masa tersebut serta Modernisme di abad 19 dan 20.

Kota ini mendapatkan prestis melalui 2 pameran internasional besar dari tahun 1888 dan 1929, serta the International Eucharistic Congress tahun 1952; Olimpiade tahun 1992; dan Forum Budaya tahun 2004 lalu (yang menjadikan Barcelona sebagai ibukota budaya di wilayah Mediterania saat ini).

Barcelona merupakan gabungan sejarah dan keindahan, kombinasi gaya peninggalan era Gothic, Baroque, dan Modernism, serta pengaruh brilian dari arsitek Gaudi yang nyentrik itu. Pada intinya, ia adalah kota yang telah menjadi pusat kejayaan di bagian selatan Dunia Lama (Eropa); di mana para pengunjung akan mendapati budaya yang kaya akan sejarah berusia ribuan tahun, seni, dan tidak akan berhenti berkembang di masa depan, yang membentuk warisan terbaik di Eropa.´´

Pagi itu, sekira pukul 10 waktu setempat, matahari cerah namun udara cukup dingin untuk saya yang berasal dari negara tropis (lebih kurang 12 derajat C). Walau begitu, seperti biasa, warga lokal dan pengunjung sudah memenuhi jalan-jalan utama dari tempat saya tinggal menuju objek pertama pagi ini.

PLAZA CATALUNYA
Dibuka tahun 1927 dan dianggap sebagai pusat dari kota Barcelona / Alun-alun. dari titik ini, bercabang beberapa jalan utama seperti Paseo de Gracia, Rambla de Catalunya, La Rambla dan Portal de l´Angel, yang semuanya banyak dikunjungi warga lokal dan pengunjung. Di sepanjang jalan-jalan ini juga banyak dijumpai toko, cafe dan bank, juga berbagai alur dan moda transportasi, seperti bus, taksi, serta stasiun Metro (kereta bawah tanah).
Di pusat Plaza Catalunya ini terdapat 2 air mancur serta serangkaian pahatan indah karya Josep Subirach dan Josep Clara.

LA RAMBLA
Jalan pedestrian sepanjang kurang lebih 1,5 km ini, dengan jalur kendaraan di kedua sisinya, lebih merupakan ´´pasar´´ besar dengan cafe pinggir jalan, penjual berbagai macam barang dari buku hingga burung, pasar tradisional, pusat-pusat kebudayaan serta pertokoan. Bahkan para pantomim dan artis jalanan pun memamerkan keahliannya di sini. Jalan ini berawal dari Plaza Catalunya hingga monumen Christopher Columbus di dekat pantai.

MONUMEN CHRISTOPHER COLUMBUS
Di ujung La Rambla, dekat dengan laut, terdapat Mirador de Colom yang dibangun tahun 1888 untuk mengenang ditemukannya Benua Amerika oleh Columbus.
Dengan material batu, besi, dan perunggu, monumen ini banyak memamekan pahatan orang-orang penting yang berhubungan dengan penemuan benua Amerika. Di puncaknya, terdapat patung Columbus yang sedang menunjuk ke laut. Di dalam monumen setinggi 60 m ini terdapat lift yang dapat mengantar pengunjung ke puncak monumen dan menikmati panorama Barcelona dan sekitarnya (untuk menuju puncak dikenakan tiket sebesar 2.2 Euro).
Kecil sekali tempat yang tersedia di puncak. Namun dari atas ini kita bisa melihat kota Barcelona dari satu ujung ke ujung lainnya, yang dibatasi oleh 2 sungai. Selain itu juga terhampar luas pemandangan laut biru serta perbukitan yang menjadi latar belakang kota. Sedikit banyak, menara ini mengingatkan saya akan menara Masjid Agung di Bandung atau Monas di Jakarta.

PELABUHAN BARCELONA
Dibangun pertama kali tahun 1477, pelabuhan ini telah menjadi salah satu pelabuhan penting di Eropa. Saat ini merupakan pelabuhan terpenting di Meditrania untuk bongkar muat kapal barang serta kapal pesiar juga. Selain itu, bersama-sama Port Vell, Pelabuhan Tua, Pelabuhan Barcelona juga telah dikembangkan sebagai area yang OK sebagai tempat berwisata.
Selain berjalan-jalan, beberapa pengunjung tampak duduk-duduk sambil menikmati hangatnya matahari siang itu. Burung-burung camar serta merpati juga tampak berkumpul dan membaur dengan manusia.
Tidak jauh dari pelabuhan ini, terdapat sebuah mal (yang sama rupa dengan yang kita miliki di Indonesia) serta Museum Sejarah/Arkeologi Bacelona. Sayang sekali pagi itu tutup, sehingga saya tidak dapat masuk ke dalam museum.

Perjalanan saya lanjutkan menuju La Sagrada Familia melewati sejumlah blok dengan bangunan-bangunan manis 4 - 7 lantai bergaya Mediterania dalam balutan warna-warna beige dan pastel.

LA SAGRADA FAMILIA
Di luar area atraksi-atraksi wisata yang saya kunjungi sebelumnya, terdapat gereja bertampang ganjil dan dikenal sebagai karya Gaudi yang paling terkenal serta penanda (landmark) yang paling mewakili kota Barcelona serta gaya Modernisme. Sekilas, bentuk arsitekturnya mengingatkan saya akan gaya Gothic. Menurut saya pribadi, bangunan ini lebih seperti Candi Pambanan dalam skala lebih kecil namun berfungsi sebagai gereja.
Antoni Gaudi (1852-1926) mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk pembangunan gereja ini. Pembangunan gereja unik ini dimulai tahun 1882 dan dilakukan selama 40 tahun hingga saat ia meninggal tahun 1926. Karyanya yang banyak menggunakan bentuk geometrik yang mengambil inspirasi dari alam (terutama pohon) itu kini dilanjutkan oleh para arsitek generasi masa kini.
Sejak awalnya, sumber dana pembangunan gereja hanya berasal dari sumbangan pribadi dan amal. Untuk masuk ke dalam area gereja, pengunjung dikenakan biaya 8 Euros yang akan digunakan untuk dana pembangunan. Sekitar 4.000 pengunjung tercatat mengunjungi atraksi wisata ini setiap harinya.

Demikian intisari eksplorasi saya hari ini. Setelah mengambil foto untuk berbagai keperluan setiba di tanah air nanti serta membeli beberapa cinderamata, saya bergegas kembali ke hostel untuk istirahat sejenak. Malam nanti rencananya akan keluar lagi untuk kembali menikmati Barcelona di waktu malam, yang saat ini sudah mulai diberi dekorasi lampu menyambut Natal bulan depan.

Besok, rencananya akan mengikuti walking tour kota tua Barcelona (Gothic Quarter) serta berkunjung ke Parc Guell, sebuah taman yang konon banyak mewarisi aristektur karya Gaudi lainnya.

Sampai besok.

Amor
Koordinator dan Moderator BANDUNG TRAILS
teguhamorpatria@yahoo.com
www.bandungtrails.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home