Sunday, January 15, 2006

JURNAL EROPA : On the Way to Holland

Fri Dec 9, 2005 7:23 am

SEPEDA, SEPEDA DAN SEPEDA

Kamis jam 10 pagi saya segera check-out dari hostel menuju stasiun keretaapi Gare de Nord di Paris, khusus untuk keberangkatan kereta-kereta ke arah utara Perancis. Kereta Thalys yang saya tumpangi berangkat pukul 13:55 dan tiba di stasiun Amsterdam Central jam 17:06 (betul2 tepat waktu!). Di Amsterdam, seorang teman kuliah dulu yang sekarang kerja di Belanda, Debby, menyambut dan rencananya saya akan tinggal di tempatnya sampai Kamis minggu depan.

Perjalanan dari Paris ke Amsterdam melewati Belgia. Ada perbedaan antara bangunan dan rumah di Perancis dan Belgia (serta Belanda). Di Belgia dan Belanda, kebanyakan bangunan dan rumah berbata merah. Selain itu, terlihat banyak orang bersepeda di jalanan. Ya, sepeda, sepeda dan sepeda.

Belanda memang salah satu negara paling datar di dunia! Sayang sekali saat ini menjelang musim dingin. Langit kebanyakan mendung dan udara berkabut. Kalau musim panas, kata Debby, bunga-bungan tulip liar bahkan tumbuh di sepanjang rel jalur kereta api.

Debby adalah salah satu anak dari grup kami semasa kuliah dan satu angkatan serta satu jurusan, cewek dan cowok, yang cukup aktif beraktivitas. Terakhir bertemu Februari lalu ketika dia cuti dan pulang ke Indonesia. Aneh rasanya bisa ketemu di sini... Sepintas cukup geli melihat dia ''dibalut'' pakaian tebal ala musim dingin karena selama di Indo belum pernah melihatnya seperti itu.

Anyway, dia tinggal di kota kecil Ijmuiden, setengah jam dengan kereta ke arah barat Amsterdam, dekat dengan pantai. Sepanjang jalan menuju flatnya, rumah-rumah tinggal berbatu bata merah berjejer di sepanjang jalan. Sepi sekali... hanya beberapa mobil dan sepeda lalu lalang di jalan.

Setelah mengantar ke department store terdekat untuk membeli bekal makanan selama satu minggu (ternyata harganya jauh lebih murah dari Paris), kami mulai mengatur rencana. Kebetulan Jumat ini Debby setengah hari kerja, Sabtu, Minggu, dan Senin libur, sehingga bisa mengantar saya melihat2 Amsterdam dan beberapa kota lain. Masuk dalam rencana kami juga melihat kota kecil tua di Belanda, dengan kincir anginnya serta... nonton film King Kong di bioskop! Tapi mungkin saya hanya akan berfokus ke laporan kunjungan ke kota-kota tuanya saja ya..!

Until next time...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home